Image

investasi property

investasi property

investasi property dengan modal rendah

Kebutuhan akan tempat tinggal memang sangat meningkat, sehingga kebutuhan akan tanah untuk membangun rumah hunian menjadi meningkat pula. Maka investasi tanah akan semakin menguntungkan, karena sudah lama dikenal harga tanah akan selalu naik terus. Bahkan bisa menjadi barang sengketa, karena tanah memang sangat penting untuk kehidupan.
Investasi dengan membeli tanah sudah umum dilakukan orang, bahkan sudah sejak dari dulu orang menjadi tuan tanah. Mereka hidup dengan menyewakan tanahnya, sehingga ada penghasilan yang terus mengalir. Para tuan tanah ini hidup kaya raya, ini disebabkan mereka memiliki kekuasaan dan kekuatan dan mengatur propertinya tersebut.
Banyak yang menyukai investasi dengan membeli tanah, karena merasa aman dan menguntungkan. Tidak sedikit yang menanamkan uangnya dengan membeli lahan pertanian, kebun, tambak, bahkan tanah kosong, karena tanah merupakan tempat investasi yang paling aman. Memang sektor property ini tidak akan pernah mengalami gejolak, nilainya akan selalu naik.
Investasi tanah adalah uang lebih, karena pada umumnya membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan nilai untung. Biasanya saat berinvestasi, membeli sebidang tanah dan dibiarkan untuk jangka waktu yang lama. Maka kalau bisa nol dalam ongkos investasinya, sehingga bisa memberi hasil yang lebih besar.
Ada banyak hal yang harus dipelajari saat membeli sebuah lahan atau tanah, harus dikaji secara mendalam, mungkin butuh waktu dan perhitungan yang matang, sebelum membeli sebuah lahan. Hal ini untuk meminimalkan resiko, sekaligus ongkos investasi yang bisa menggerus hasil investasi tersebut.

Membeli tanah yang memiliki lokasi strategis.

Sebenarnya membeli sebuah tanah adalah membeli lokasinya, meskipun bentuk fisik sebuah lahan juga harus dihitung. Tapi nilai fisik lahan tidak terlalu menguntungkan, kecuali lahannya memang menghasilkan seperti tambak. Kebanyakan dan umumnya nilai sebuah lahan terletak di lokasinya yang strategis.
Mungkin pada awal membeli tanah, lokasinya tidak harus di jalan protokol, bisa juga di sebuah jalan utama yang baru dibangun. Karena seiring berjalannya waktu, akses jalan tadi akan membuat tempat atau lokasi tersebut menjadi strategis. Terutama bila lahannya tepat di pinggir jalan, tempat tersebut akan tumbuh dengan sendirinya menjadi ramai.

Meminimalkan ongkos investasi tanah.

Setiap melakukan investasi pasti ada ongkos investasinya. Kemampuan menekan ongkos investasi akan meningkatkan hasil investasi. Disini ongkos investasi membeli tanah banyak ragamnya. Salah satunya adalah biaya pemeliharaan lahan tersebut. Bila bisa diminimalkan akan lebih memberi hasil yang lebih baik, apalagi bisa dihilangkan.
Misal lebih memilih investasi lahan yang bisa menghasilkan, seperti tambak, sehingga bisa disewakan dan hasilnya bisa digunakan untuk membayar pajak akan lahan tersebut. Inilah yang bisa meningkatkan hasil di investasi tanah tersebut.

Menghilangkan resiko investasi tanah.

Salah satu kelemahan investasi tanah ini adalah resiko kepemilikan atau legal certification. Hal ini karena sering terjadi pemalsuan surat kepemilikan atau kepemilikan ganda. Tentu saja bila hal ini terjadi akan menghanguskan seluruh nilai investasi.
Maka saat melakukan transaksi pembelian sebuah tanah, harus dilakukan secara legal. Baik dengan menggunakan pengacara publik atau notaris. Ini untuk menghilangkan resiko investasi yang besar ini. Selalu hindari membeli sebuah lahan yang tidak ada surat kepemilikan secara legal. Seperti letter C maupun petok D, selalu pilih kualifikasi SHM dalam pembelian sebuah tanah.

Membangun jaringan pemasaran tanah.

Sebuah tanah mungkin akan dengan mudahnya dibeli, tapi menjualnya akan menjadi sulit bila anda tidak memiliki jaringan pemasaran yang memadai. Mungkin bisa saja dijual, tapi dengan harga yang tidak sesuai dengan harapan. Sebuah jaringan pemasaran akan membawa anda ke pembeli yang potensial. Karena banyak pembeli tanah hanya untuk investasi, sehingga membeli tanah yang semurah-murahnya, hal inilah yang harus anda hindari.
Mungkin anda bisa bekerja sama dengan property agency atau agen penjualan property. Namun ini akan mengurangi hasil investasi nantinya, tapi paling tidak anda bisa belajar dulu dari mereka bila anda baru masuk di investasi tanah ini. Sesudahnya anda bisa membina jaringan pemasaran sendiri.

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s